KesehatanKuliner

Wajib Dihindari! 4 Jenis Makanan yang Tingkatkan Risiko Kanker

Fachton – Makan makanan yang lezat memang sangat nikmat. Tapi, Anda harus ingat bahwa tak semua makanan baik untuk diri Anda. Ada banyak makanan yang berbahaya, salah satunya bisa menyebabkan kanker. Makanan yang tingkatkan risiko kanker jelas harus Anda hindari. Lalu, apa saja makanan yang bisa meningkatkan risiko kanker dan harus Anda hindari itu?

Gambar terkait

  1. Daging Merah

Salah satu makanan yang bisa memicu kanker pada diri Anda adalah daging merah. Daging merah ini terdiri atas daging sapi, daging kambing ataupun daging babi. Menurut sebuah penelitian, daging merah memiliki kolestrol tingkat tinggi. Bila Anda mengonsumsinya apalagi secara berlebihan, tak ayal risiko terkena penyakit kanker akan menghantui Anda.

  1. Makanan Berminyak

Lalu, ada makanan berminyak. Makanan berminyak seperti gorengan dan lainnya juga bisa meningkatkan risiko kanker. Makanan-makanan yang mengandung minyak ini biasanya mengandung lemak trans yang buruk yang tak hanya bisa meningkatkan risiko kanker, tapi juga buruk untuk kesehatan anggota tubuh Anda yang lainnya. Sebut saja jantung.

  1. Makanan dan Minuman dalam Kaleng

Selanjutnya adalah makanan dan minuman dalam kaleng alias makanan yang diawetkan. Menurut sebuah penelitian, makanan dan minuman dalam kaleng biasanya mengandung bisphenol –A yang bisa merusak DNA dan menyebabkan risiko kanker meningkat. Untuk itulah Anda harus menjauhi mengonsumsi makanan dan minuman dalam kemasan.

  1. Alkohol

Lalu, makanan dan minuman berakohol. Minuman seperti bir, vodka, wine dan lainnya yang mangandung alkohol bisa menyebabkan berbagai jenis kanker. Semua kanker bisa disebabkan oleh alkohol, lho! Mulai dari kanker payudara, kanker hati, hingga kanker usus besar dan kanker serviks. Untuk itu, janganlah mengonsumsi makanan dan minuman ini.

Aduh, dari sekian banyak makanan enak yang biasa Anda makan, ternyata banyak sekali makanan yang berbahaya bagi tubuh serta mampu meningkatkan risiko kanker. Makanan yang tingkatkan risiko kanker jelas harus Anda hindari. Hidup sehat jauh lebih berharga dibanding makan makanan enak tapi tak sehat, kan? Makanya, batasi konsumsinya, ya!

Comment here