InformasiKesehatanTips dan Trik

Tips Pemulihan Setelah Pencabutan Gigi Bungsu

operasi gigi

Fachton – Gigi geraham ketiga atau biasa disebut gigi bungsu akan tumbuh di usia sekitar 17-24 tahun. Namun, tumbuhnya gigi bungsu tidak selalu sempurna. Gigi bungsu dapat tumbuh miring ke arah yang berbeda-beda. Gigi geraham bungsu juga dapat terjebak di dalam gusi. Pertumbuhan gigi bungsu yang tidak semestinya dan menyebabkan rasa sakit disebut dengan impaksi gigi. Pertumbuhan gigi bungsu sebenarnya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, bila gigi bungsu yang mau tumbuh tidak mendapat ruang yang cukup dalam gusi, maka kondisi itulah yang menimbulkan rasa sakit. Operasi impaksi gigi adalah prosedur pencabutan gigi geraham bungsu yang tumbuh tidak wajar guna mencegah munculnya potensi masalah di masa depan. Prosedur operasi impaksi gigi geraham bungsu umumnya membutuhkan teknik yang berbeda dan lebih rumit dari cabut gigi biasa.

Pada operasi gigi bungsu, pertama-tama dokter akan membuat sayatan di gusi untuk membuka gigi dan tulang. Selanjutnya, gigi akan dipotong-potong menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, sehingga mudah untuk diangkat. Terakhir, bekas lokasi gigi yang diangkat akan dibersihkan, lalu dijahit dan diberi kain kasa untuk menghentikan perdarahan. Selama dilakukan dengan prosedur yang tepat oleh dokter gigi yang profesional, operasi gigi bungsu merupakan prosedur yang aman. Sebelum operasi, Anda akan menerima instruksi dari rumah sakit atau klinik gigi tentang apa yang harus dilakukan sebelum dan sesudah operasi. Usahakan untuk mengingatnya. Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan setelah menjalani operasi impaksi gigi:

operasi gigi

  • Gunakan kasa untuk menghentikan perdarahan akibat operasi dengan menggigit kain kasa atau kapas. Ganti kain kasa atau kapas tersebut secara berkala sampai darah benar-benar berhenti. Hindari mengelupas gumpalan darah yang ada di bekas operasi.
  • Konsumsi acetaminophen (paracetamol) jika setelah cabut gigi, Anda mengalami rasa sakit yang tak tertahankan.
  • Anda bisa mengompres dengan es pada bagian gigi yang bermasalah untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan di pipi.
  • Makan makanan bertekstur lunak, setidaknya dalam satu hari pertama setelah operasi. Minum banyak air putih dan hindari minuman-minuman seperti alkohol.
  • Dianjurkan untuk tidak menyikat gigi, meludah, ataupun menggunakan obat kumur untuk membersihkan gigi selama 24 jam pertama setelah operasi. Berkumurlah dengan air garam setiap dua jam sehabis makan, setidaknya selama satu minggu setelah operasi.

Comment here