FamilyParentingTips dan Trik

Tips Merawat Bayi Baru Lahir

nama bayi laki-laki

Fachton – Bagi para Ibu yang baru melahirkan anak pertamanya tentu ini menjadi sebuah tantangan yang tidaklah mudah, akan tetapi bila kita para Ibu sudah memahami dan juga mengetahui tahapan merawat bayi yang baru lahir dengan baik, hal ini tentu menjadi menyenangkan untuk di lakukan. Maka dari itu para Ibu harus tahu terlebih dahulu bahwa bayi yang baru lahir memiliki kebutuhan serta cara perwatan dengan penanganan yang berbeda dan harus di perhatikan baik – baik. Untuk itu, mari kita ketahui bersama sama dengan membaca artikel ini yang akan membahas beberapa tips merawat bayi yang baru lahir dengan baik dan benar.

Perhatikanlah suhu tubuh bayi yang baru lahir, usahakan untuk para ibu selalu memperhatikan suhu tubuh si kecil, karna kadar lemak yang ada pada tubuh bayi belum bisa untuk menghangatkan tubuhnya sendiri.  Maka dari itu, bayi yang baru lahir perlu untuk di bedong juga memakai penutup kepala dan sebagainya, sesuaikanlah agar bayi anda tidak merasakan kedinginan maupun kepanasan.

Usahakan untuk bayi yang baru lahir di beri ASI rutin setiap 2 jam, namun jangan pula untuk memberikan ASI terlalu banyak setiap 2 jam. Bayi memiliki lambung yang masih sangat kecil, karna hal itulah bayi membutuhkan asupan susu yang sedikit namun sering. Di saat lapar, bayi yang baru lahir akan menunjukan tanda – tanda seperti mengisap jari tangannya sambil menangis dengan kuat, atau mengecap bibirnya seperti mencari puting Ibu. Setelah Ibu menyusui bayi, jangan lupa untuk posisikan bayi tegak selama 30 menit sambil di gendong sampai terdengar suara bersendawa pada bayi tersebut, hal ini di lakukan untuk mencegahnya gumoh, yaitu keadaan bayi yang telah menyusui kemudian mengeluarkan lagi sedikit susu dari mulutnya. Gumoh terjadi karena fungsi katup dengan esophagus juga lambung yang belum sempurna pada bayi yang baru lahir.

Selain itu, para Ibu perlu juga untuk memperhatikan tali pusat pada bayi yang baru lahir. Bersihkan lah dengan rutin juga perlahan, jika tali pusat pada bayi terlihat memerah dan juga berbau, maka bergegaslah untuk diperiksakan ke dokter, agar dapat segera di tindak lanjuti bila terjadi infeksi pada tali pusat bayi yang baru lahir.

Karna kulit bayi yang baru lahir sangatlah sensitive, para Ibu tentunya harus extra dalam merawat kulit bayi. Dari mulai pemakaian popok agar tidak terjadi ruam, usahakan popok selalu bersih juga kering, popok tidak terlalu kencang saat dipakaikan ke bayi. Di sarankan untuk tidak menunggu lama mengganti popok bayi bila sudah kotor. Pada saat membersihkan kotoran bayi, gunakanlah kapas halus dengan air hangat yang tidak menimbulkan efek samping seperti tisu basah yang mengandung alkohol yang dapat membuat kulit bayi ruam. Perhatikan juga tekstur pada kotoran bayi, normalnya kotoran bayi yaitu lembek, namun jika lebih cair, lebih banyak dari biasanya dan berwarna hijau, kuning bahkan coklat itu bisa terjadi diare, maka segeralah bawa bayi anda ke dokter terdekat.

Dan yang terpenting jika bayi baru lahir pastinya anda sudah mempersiapkan nama untuk sikecil, panggil lah bayi anda yang baru lahir tersebut dengan nama bayi laki-laki atau perempuan yang telah anda siapkan sebelumnya, agar bayi terbiasa mendengarnya begitupun dengan Ibu yang mulai terbiasa dengan memanggil nama anaknya.

Comment here