InformasiLifestyleTips dan Trik

Menyegarkan Pakaian Dalam Waktu Singkat

wangi tahan lama

Fachton – Apakah Anda terkadang mendapati pakaian berbau apak atau kotor, padahal baru saja dicuci? Ingin pakaian Anda berbau lebih segar? Banyak cara yang bisa Anda lakukan saat mencuci, mengeringkan, dan menyimpan pakaian untuk mencegah bau tidak sedap terserap ke dalam serat pakaian. Jika Anda membutuhkan solusi cepat untuk menangani pakaian yang berbau tidak sedap, jangan khawatir! Ada berbagai cara untuk membuat pakaian Anda berbau lebih segar dalam waktu singkat.

wangi tahan lama

1. Sering-seringlah mencuci pakaian.

Semakin sering dikenakan, pakaian akan semakin bau. Jika Anda sudah mengenakan pakaian beberapa kali, jangan menyimpannya bersama pakaian bersih karena bau kotor akan menyebar ke pakaian bersih. Pisahkan pakaian kotor dari pakaian bersih. Meskipun beberapa pakaian harus dicuci setelah dikenakan, beberapa pakaian dapat dikenakan beberapa kali sebelum mulai berbau. Cobalah mencuci pakaian yang basah karena keringat atau sangat kotor sesegera mungkin setelah dikenakan.

Legging, kemeja, kaus kaki, pakaian renang, celana ketat, kamisol, atasan ketat dan pakaian dalam harus segera dicuci setelah dikenakan.

  • Gaun, jin, celana panjang, piama, celana pendek, dan rok dapat dikenakan kurang lebih tiga kali sebelum dicuci.
  • Bra bisa dikenakan dua sampai tiga kali sebelum Anda harus mencucinya. Pertimbangkan untuk membeli beberapa bra sehingga Anda tidak perlu mengenakan bra yang sama dua kali berturut-turut.
  • Anda bisa mengenakan jas tiga sampai lima kali sebelum membawanya ke penatu untuk pencucian kering. Setelan jas yang dikenakan di lingkungan yang bersih, seperti kantor, dapat bertahan lebih lama sebelum perlu dicuci. Jas yang dikenakan di lingkungan yang penuh asap atau kabut harus dicuci lebih sering.

2. Gunakan detergen wangi atau minyak asiri.

Banyak detergen memiliki bau segar, tetapi beberapa memiliki bau yang lebih kuat dibanding yang lain. Pilihlah merek yang mencantumkan aroma tertentu pada labelnya. Gunakan detergen sesuai takaran yang disarankan. Anda mungkin tergoda untuk menggunakan detergen sedikit lebih banyak, tetapi tindakan ini justru menyebabkan residu detergen tertinggal pada pakaian dan menyebabkan bau tidak sedap. Jika Anda tidak mau menggunakan pewangi yang dijual di pasaran, cobalah menambahkan 10-20 tetes minyak asiri ke mesin cuci saat bilasan terakhir.

  • Pastikan Anda menyukai bau yang ditawarkan sebelum membeli detergen wangi karena harganya cenderung sedikit lebih mahal. Saat berbelanja di swalayan, buka tutup botol detergen dan cium baunya sebentar.
  • Lakukan eksperimen dengan minyak asiri untuk menemukan wangi favorit Anda. Jangan takut untuk mencampur dua minyak berbeda untuk menciptakan aroma sendiri.

Bisa juga menggunakan pewangi pakaian agar wangi tahan lama menempel di pakaian. Gunakan pewangi pakaian royale dari soklin yang memiliki aroma segar dengan sensasi keharuman parfum mewah yang tahan lama. Buktikan sendiri keharumannya saya telah mencoba menggunakan pewangi dari soklin tersebut, aromanya sangat menyegarkan dan bertahan lama di pakaian sehingga menjadi percaya diri saat memakainya.

3. Keluarkan pakaian dari mesin cuci sesegera mungkin.

Setelah proses pencucian selesai, usahakan untuk segera mengeluarkan pakaian dari mesin cuci. Gantunglah pakaian agar kering atau pindahkan ke mesin pengering segera. Meninggalkan pakaian basah di mesin cuci terlalu lama dapat menyebabkan tumbuhnya jamur, yang dapat menimbulkan bau apak dan bau tidak sedap pada pakaian. Jika Anda tidak sengaja lupa mengeluarkan pakaian dari mesin cuci dan menemukan ada jamur yang mulai tumbuh, Anda dapat mengatasi bau tidak sedap itu dengan cuka putih.

  • Tuangkan satu cangkir cuka putih ke dalam dispenser detergen dan cuci kembali pakaian yang berjamur.
  • Cuka akan menghilangkan bau tidak sedap, tetapi jika ingin pakaian menjadi wangi, Anda harus mengulang proses pencucian menggunakan detergen.

4. Bersihkan mesin cuci secara menyeluruh dengan cuka putih enam bulan sekali.

Lama-kelamaan, mesin cuci bisa mengeluarkan bau tidak sedap akibat jamur, yang kemudian menyebar ke pakaian. Mulailah dengan mengosongkan mesin cuci. Tambahkan dua sampai empat cangkir cuka putih di dalam dispenser detergen. Jalankan proses pencucian lengkap pada setelan tertinggi dan terpanas. Tambahkan satu cangkir soda kue dan jalankan proses pencucian sekali lagi. Sekalah bagian dalam dan atas mesin cuci dengan kain serat mikro.

  • Jika tidak mau menggunakan cuka, Anda bisa menggunakan pemutih atau pembersih mesin cuci yang dijual di pasaran.
  • Jika Anda menggunakan pemutih untuk membersihkan mesin cuci, cucilah pakaian putih terlebih dahulu setelah itu.
  • Biarkan tutup mesin cuci dalam keadaan terbuka saat tidak digunakan. Menutup tutup mesin cuci akan memerangkap kelembapan sehingga menyebabkan berkembangnya jamur dan bakteri penyebab bau.

Comment here