InformasiOtomotif

Guna Oli Mesin Mobil yang Harus Kamu Ketahui

guna oli mesin mobil

Fachton – Saat service kendaraan, ganti oli seakan menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Sayangnya, banyak pemilik mobil yang malas untuk mengganti oli. Padahal, guna oli mesin mobil sangatlah besar. Pasalnya, oli mesin yang tidak diganti dalam waktu lama bisa membuat mobil mogok bahkan merusak komponen.

guna oli mesin mobil

Akibat Kekurangan atau Kelebihan Oli Mesin

Apa jadinya jika mesin mobil kekurangan atau kelebihan oli? Pasalnya, sering kali banyak orang yang tidak tahu takaran oli yang tepat sehingga oli kekurangan atau bahkan kelebihan. Jika oli mesin kelebihan, tarikan menjadi berat sehingga performa mesin menurun.

Sebaliknya, jika takaran isi oli di bawah standar, yang terjadi adalah mesin menjadi panas. Suhu panas ini diserap cairan pendingin radiator. Namun jika suhu panas mesin berlebih, akibatnya bisa fatal. Jadi, pastikan isi oli dengan takaran yang tepat.

Manfaat oli mesin mobil sangat bagus terutama jika kita rajin mengganti secara rutin. Efeknya, umur mesin menjadi lebih panjang. Penggantian oli membuat performa mesin mobil terasa seperti baru. Jadi, jangan sampai mesin rusak hanya karena oli tidak pernah diganti.

Salah satu akibat kekurangan oli adalah komponen mesin menurun. Pasalnya, silinder & ring piston yang tidak terlumasi akan haus. Jika dibiarkan, hal ini bisa merusak mesin lebih parah lagi. Sebaliknya, penggantian oli rutin akan melumasi komponen mesin dan menjaganya tetap awet.

Selain itu, kekurangan oli juga bisa menimbulkan bunyi yang kasar. Hal ini karena rantai timing yang memiliki bahan logam tidak terlumasi dengan baik sehingga bunyinya tidak mulus. Untuk itu, pastikan ganti oli secara rutin agar bunyi mesin menjadi halus.

Lebih jauh lagi, kekurangan oli bisa mengakibatkan mesin overheat. Di sini, salah satu fungsi oli mesin mobil adalah untuk menjaganya tetap dingin. Jika mesin overheat, mobil bisa mogok dan mesin juga bisa rusak lebih parah.

Engkol mesin mobil yang terkunci juga bisa disebabkan oleh kurangnya oli mesin. Efeknya, mobil tidak bisa distart atau diengkol. Namun, hal ini bisa dicegah jika kalian mengganti oli mesin secara berkala dan rutin.

Fungsi Utama Oli Mesin Mobil

Lalu, apa saja fungsi utama oli mesin mobil? Pertama, oli mesin memiliki fungsi utama sebagai pelumas. Dengan begitu, mesin mobil terasa mulus dan bisa bergerak licin yang pastinya mencegah kerusakan. Selain itu, bunyi mesin juga semakin halus.

Selain sebagai pelumas, oli mesin juga memiliki fungsi utama sebagai pelindung dari karat serta pembersih mesin. Dengan mengganti oli secara rutin, mesin bisa lebih bersih dan tidak berkarat. Dengan kondisi mesin yang bersih, masalah-masalah seperti overheat dan kerusakan komponen bisa dicegah.

Mesin mobil sering mengalami panas yang berlebih? Bisa jadi itu akibat oli mesin tidak diganti cukup lama. Namun dengan penggantian oli mesin yang rutin, tak ada lagi masalah mesin panas, bahkan meski digunakan terus.

Satu lagi, oli mesin bisa membuat performa mesin mobil lebih meningkat. Alhasil, tenaga & torsi bisa lebih maksimal. Lebih jauh lagi, penelitian mengungkapkan jika oli mesin ternyata bisa membuat konsumsi bahan bakar jauh lebih hemat.

Dari paparan di atas, kita bisa melihat betapa besar guna oli mesin mobil. Secara keseluruhan, oli mesin membuat mobil lebih terawat. Jadi, jangan lupa untuk terus merawat mobil dengan mengganti oli mesinnya secara berkala.

Comment here