Hewan QurbanKulinerTips dan Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing

cara menghilangkan bau prengus kambing

Fachton – Daging kambing merupakan jenis daging merah yang paling populer dan dikonsumsi secara luas di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Yang mana, hampir 65% dari total konsumsi daging merah di dunia berasal dari daging kambing. 

Namun, jika daging kambing tidak dimasak dengan benar, maka daging kambing ini akan memiliki tekstur yang alot serta menimbulkan aroma yang kurang sedap. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang 6 cara menghilangkan bau prengus kambing sebagai berikut ini :

cara menghilangkan bau prengus kambing

1. Bungkus Dengan Daun Pepaya

Cara menghilangkan bau prengus daging kambing yang pertama adalah dengan membungkus menggunakan daun pepaya. Daun pepaya ini diklaim sangat efektif untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Soalnya, pada daun pepaya ini memiliki kandungan enzim yang berfungsi untuk menetralkan aroma tidak sedap pada daging kambing. Bukan hanya itu, daun pepaya ini juga bisa membuat tekstur daging kambing menjadi lebih empuk.  Adapun caranya adalah sebagai berikut : Pertama siapkan beberapa lembar daun pepaya yang sudah dibersihkan sebelumnya. Lalu bungkus daging kambing tersebut dengan daun pepaya. Dengan demikian, kandungan enzim pada daun pepaya ini akan bekerja untuk menghilangkan bau prengus dan menjadikan daging lebih lunak. 

2. Masak Daging Kambing Menggunakan Rempah-Rempah

Pada saat akan memasak daging kambing, anda bisa menggunakan berbagai jenis rempah yang dapat membantu untuk menghilangkan bau prengus. Misalnya adalah jahe atau kunyit. Karena aroma kunyit dan jahe yang khas ini dapat mengurangi aroma tidak sedap pada daging kambing. Bukan hanya itu, kunyit dan jahe ini juga bisa membuat tekstur daging lebih lunak.  

3. Rebus Daging Kambing Dengan Lobak

Cara menghilangkan bau prengus daging kambing selanjutnya adalah merebusnya dengan lobak. Dalam hal ini, dianjurkan untuk tidak mengolah daging kambing secara langsung. Akan tetapi, rebuslah daging kambing terlebih dahulu bersama beberapa potongan lobak secukupnya selama kurang lebih 30 menit. Hal ini dikarenakan pada lobak terdapat kandungan kolin dengan kadar rendah, sementara kadar kolin yang tinggi dapat memicu senyawa pada daging untuk mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Dengan demikian, lobak dengan kadar kolin yang rendah ini dapat mengurangi aroma tidak sedap pada daging kambing.  

4. Rebus Dengan Kacang Hijau

Cara lainnya untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing adalah merebusnya dengan kacang hijau. Adapun takaran untuk merebus daging kambing adalah sebagai berikut : Untuk 1 kg daging kambing, maka rebus bersama dengan 5 gram kacang hijau. Rebus daging kambing dengan kacang hijau selama 15 menit. Lalu angkat dan tiriskan daging, kemudian olah daging kambing sesuai dengan selera anda. 

5. Rebus Dengan Cuka Atau Tebu

Selain dengan menggunakan kacang hijau, anda juga bisa memanfaatkan tebu atau cuka untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Caranya juga cukup mudah simpel, anda cukup merebus daging kambing bersama bahan-bahan tersebut. Adapun takarannya adalah sebagai berikut, cuka 50 gram untuk merebus 1 kilogram daging, sedangkan tebu 200 gram. Setelah direbus jangan lupa untuk ditiriskan. 

6. Lumuri Dengan Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bau prengus pada daging kambinga yang terakhir adalah melumurinya dengan jeruk nipis atau air jeruk limau secukupnya. Caranya adalah dengan melumuri permukaan daging kambing dengan menggunakan perasan air jeruk nipis lalu diamkan selama kurang lebih 30-60 menit. 

Comment here