Jual Handycam: 7 Tips Memilih Handycam yang Bagus

Informasi, Teknologi

Fachton – Berlibur ke tempat wisata maupun spot menarik lainnya tentu tidak akan lengkap jika tidak kamu abadikan dalam bentuk foto. Lagi pula kini kegiatan fotografi maupun videografi dapat dilakukan dengan mudah sehingga sayang sekali apabila tidak dimanfaatkan dengan baik. Selain bisa mengandalkan kamera bawaan smartphone, kamu juga bisa menggunakan handycam. Terlebih toko yang jual handycam juga sangat mudah ditemukan.

Kualitas kamera smartphone memang cukup mumpuni, namun jika ingin mendapatkan hasil video yang lebih bagus, maka handycam lebih disarankan. Hanya saja, mengingat banyak tipe handycam yang ada, ini artinya kamu pun harus lebih selektif memilih agar bisa mendapatkan handycam yang bagus.

Memilih Handycam yang Bagus

Berikut adalah tips yang perlu kamu perhatikan agar tidak salah memilih handycam.

1. Pastikan tujuan membeli handycam

Harga handycam ini bisa dibilang tidak murah. Itu artinya ketika berkeinginan untuk membeli handycam, pastikan kamu sudah tahu pasti apa tujuan membelinya. Apakah sekedar ikut-ikutan membeli, atau karena memang membutuhkannya untuk kegiatan videografi.

Apabila tujuannya memang untuk memudahkan hobi videografimu, sebaiknya kamu memilih handycam yang sudah dilengkapi dengan fitur video HD.

2. Format handycam

Hal yang penting untuk diperhatikan ketika memilih handycam adalah mengecek format videonya. Video yang bagus adalah video yang mempunyai resolusi tinggi. Nah, jika ingin hasil video yang bagus, itu artinya kamu harus memilih handycam yang beresolusi tinggi.

3. Fitur eksposur handycam

Pada umumnya setiap kamera sudah dilengkapi dengan fitur eksposur. Fitur eksposur ini ada yang manual dan otomatis. Fitur ini berperan mengubah jumlah cahaya yang masuk pada video yang kamu buat.

4. Cek lensa handycam

Salah satu komponen dari kamera handycam yang turut mempengaruhi kualitas video yang dihasilkan adalah lensa. Lensa inilah yang akan membantu kamu mengambil objek foto atau video.

Mintalah info detail pada yang jual handycam perihal lensa yang disematkan pada kamera handycam yang ingin kamu beli. Ada baiknya kamu juga mencobanya sebelum memutuskan untuk membeli.

5. Fokus handycam

Handycam yang bagus umumnya sudah memiliki fitur auto focus. Ini akan memudahkan kamu untuk mengontrol fokus ketika ingin mengambil suatu objek. Perlu diketahui juga bahwa fokus otomatis jauh lebih mudah digunakan dibandingkan fitur fokus manual. Jadi, apabila kamu belum mahir menggunakan fokus kamera, sebaiknya memilih handycam yang dibekali fitur auto focus.

6. Cek kelengkapan aksesoris handycam

Aksesoris di sini meliputi tas kamera handycam, tripod, baterai cadangan dan lainnya. Meski aksesoris hanya sebagai pelengkap, namun juga penting untuk diperhatikan karena suatu saat juga dibutuhkan. Terutama tas handycam yang tentu saja membantu melindungi handycam, dan baterai cadangan yang dapat dimanfaatkan ketika daya baterai utama sudah habis.

7. Pilih handycam sesuai budget

Handycam tersedia dengan berbagai tipe dan jenis sehingga harganya pun bervariasi. Kualitas handycam standar bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau.

Sebaliknya, handycam dengan kualitas terbaik tentu saja ditawarkan dengan harga yang relatif mahal. Untuk itu, hitung kembali budget kamu lalu sesuaikan dengan tipe handycam yang akan dibeli.

Demikianlah 7 tips yang perlu kamu perhatikan ketika memilih handycam. Jika tidak sempat membelinya secara langsung, kamu bisa mengandalkan toko online. Sudah banyak toko online yang jual handycam dengan berbagai pilihan merk dan harga. Pastikan kamu cermat memilihnya ya.

Leave a Reply