5 Permainan Anak yang Mendidik untuk Bantu Mereka Bereksplorasi

Family, Informasi, Parenting

Fachton – Anak-anak punya beragam cara untuk membuat dirinya senang. Salah satunya dengan melakukan berbagai permainan bersama temannya. Agar baik untuk perkembangan si kecil, tak ada salahnya Anda mengarahkan mereka melakukan permainan anak yang mendidik. Ada banyak jenis permainan anak ini yang bisa bantu mereka bereksplorasi. Apa saja?

1. Permainan Sosialisasi

Salah satu jenis permainan anak yang mampu mendidik adalah permainan sosialisasi. Permainan ini mengajarkan si kecil untuk bisa berinteraksi dengan orang lain terlebih untuk tahun pertamanya. Si kecil akan belajar melihat, tersenyum dan tertawa melakukan permainan ini. Untuk anak yang lebih besar, bisa bermain dengan cilukba atau memakai lagu.

2. Permainan Representasi dan Fungsi

Selain itu, Anda juga bisa mengajak si kecil bermain representasi dan fungsi. Maksud dari permainan ini adalah berpura-pura menggunakan suatu alat dan dengan caranya. Misalnya menggunakan gosok gigi untuk menyikat gigi. Permainan ini akan mampu membawa si kecil berimajinasi lebih jauh.

3. Permainan Simbol

Permainan simbol juga bisa dilakukan untuk mendidik anak sehingga berefek baik pada tumbuh kembangnya. Anda bisa memainkan permainan ini pada anak di atas 2 tahun. Cukup mudah memainkannya. Anda cukup berandai-andai bahwa suatu benda mirip benda tertentu dan menirukan suaranya.

4. Permainan Peran

Permainan jenis yang satu ini pada umumnya dilakukan pada anak yang berusia antara 30 hingga 36 tahun. Ketahuilah, anak pada usia ini adalah aktor yang cerdas dan serba bisa. Mereka bisa berpura-pura menjadi guru, dokter, ibu dan masih banyak lagi. Itu karena pada usia ini mereka menyerap apa yang terjadi di lingkungannya dengan baik.

5. Permainan Outdoor

Jenis permainan anak yang mendidik lain adalah permainan outdoor. Permainan ini biasanya dilakukan anak yang berusia di atas tiga tahun. Namun, Anda juga bisa membawa yang lebih kecil untuk melakukannya. Permainan ini bisanya menggunakan lingkungan sekitar untuk mengasah potensi dan daya peka si kecil terhadap lingkungan di sekitarnya.

Mengapa Harus Melakukan Permainan yang Mendidik

Saat ini, orang tua lebih senang memberi anaknya gadget dan membiarkannya bermain sendiri dibanding mengajaknya bermain permainan yang mendidik. Padahal, sebenarnya permainan yang mendidik ini banyak manfaatnya untuk si kecil. Salah satunya adalah mampu membantu melatih konsentrasi anak.

Si kecil dituntut untuk tetap fokus pada satu hal saat melakukan beberapa jenis permainan yang mendidik, misalnya saja permainan puzzle. Selain itu, permainan yang mendidik ini juga bisa membantu kemampuan motorik anak, baik itu motorik halus ataupun motorik kasar. Pelatihan motorik ini jelas akan membantu tumbuh kembangnya menjadi lebih baik.

Lalu, mereka biasanya juga akan lebih mengenal konsep sebab akibat. Misalnya ketika mereka memasukkan benda kecil ke benda yang besar, maka benda itu akan muat di dalamnya. Sedangkan bila sebaliknya, tak akan muat. Ini akan membantu mereka lebih memahami konsep sebab akibat yang paling dasar.

Selain itu, permainan yang mendidik dan dilakukan secara bersama-sama juga bisa membantu si kecil melatih kemampuan bahasa dan wawasannya. Mereka akan lebih berbagi pada orang lain dan melatih diri sendiri. Paling penting, si kecil juga belajar bersosialisasi sehingga bisa mengenal lingkungan sekitarnya.

Nah, ternyata ada banyak jenis permainan anak yang mendidik yang bisa dilakukan, kan? Anda bisa menemani si kecil melakukannya untuk membantu tumbuh kembangnya. Selain itu, berikan pula mereka nutrisi yang mencukupi agar mereka bisa beraktivitas. Salah satunya dengan memberi mereka susu Dancow Advanced Excelnutri+ dengan nutrisi terbaik.

Leave a Reply