Sukanto Tanoto Membawa Indonesia Menuju Persaingan Dunia Melalui Industri Kehutanan

Berita, Bisnis, Informasi

Fachton – Sukanto Tanoto merupakan salah seorang pengusaha sukses yang lahir di Medan, mendirikan sebuah grup bisnis yang berbasis sumber daya alam bernama “Royal Golden Eagle (RGE). Sukanto Tanoto memang bisa dibilang cukup berhasil dalam membawa Royal Golden Eagle tersebut menjadi pionir di industri bisnis kehutanan dunia. Bahkan Sukanto Tanoto juga berhasil jadikan Indonesia sebagai salah satu negara pengekspor bahan mentah atau kayu gelondongan yang materialnya memiliki nilai tinggi.

Kini grup bisnis Royal Golden Eagle yang didirikan Sukanto Tanoto jadi suatu perusahaan multinasional yang mampu mempekerjakan lebih dari 60 ribu orang, dan memiliki aset lebih dari USD 15 miliar, serta berbagai operasi manufaktur yang sudah tersebar hingga ke berbagai negara. Kesuksesan yang diraih Sukanto Tanoto tersebut memang tak lepas dari filosofi yang selalu ia tekankan dalam memimpin Royal Golden Eagle. Pada saat menjalankan bisnis Royal Golden Eagle, Sukanto Tanoto selalu berusaha untuk terapkan 3P yakni people, planet, dan profit. Yang artinya, grup bisnis Royal Golden harus baik bagi masyarakat, negara, iklim, dan perusahaan. Ketiga filosofi tersebut bahkan juga bentuk dari tanggung jawab perusahaan kepada lingkungan sekitar yang masih dalam konsesinya.

Royal Golden Eagle bahkan juga berikan kesempatan kepada tiap kelompok bisnisnya untuk beroperasi secara independen bersama induk perusahaannya sendiri. Yang demikian ini dilakukan supaya bisa hasilkan profesionalisme serta integritas tinggi di semua kelompok bisnis Royal Golden Eagle. Selain itu, Royal Golden Eagle juga akan terus fokus untuk berikan yang terbaik kepada para pelanggannya di dunia, dengan tetap hasilkan produk yang baik dan berstandar internasional. Royal Golden Eagle punya visi untuk mendalami berbagai jenis manufaktur berbasis sumber daya terkemuka di dunia.

Ya, Royal Golden Eagle memang jadi grup bisnis milik Sukanto Tanoto yang berkembang jadi kelompok bisnis paling sukses dengan memproduksi berbagai produk buatan Indonesia dengan semakin merambahnya ke pasaran dunia. Sukanto Tanoto pada dasarnya memulai bisnisnya tersebut dari usaha kecil – kecilnya yang dimiliki oleh keluarganya. Sukanto Tanoto bukannya sosok yang bercita – cita untuk jadi pebisnis, namun karena beberapa masalah hingga akhirnya ia jadi seorang pebisnis handal dan sukses.

Bisa dibilang, Sukanto Tanoto merupakan sosok pekerja keras, pantang menyerah, dan terus belajar hingga akhirnya membawanya menuju kesuksesan dalam berbisnis. Sukanto Tanoto menjalankan bisnis di industri kehutanan ini memang sudah sejak lama, sehingga tak heran jika pada akhirnya ia mendapatkan kesuksesan yang luar biasa, dan memiliki aset sangat banyak. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sumber daya alam cukup berlimpah, sehingga negeri kita ini memiliki peluang cukup besar untuk berkiprah di pasaran internasional.

Menurut Sukanto, produk keras dari unit bisnis Royal Golden Eagle menjadi bukti bahwasannya industri kehutanan di Indonesia memang benar – benar dimanfaatkan dengan baik. PaperOne jadi merek atau brand produk kertas yang kini jadi produk kebanggaan Indonesia, sebab sudah diekspor ke berbagai negara. Untuk mewujudkan kesuksesannya tersebut, Sukanto Tanoto mengedepankan beberapa prinsip keberlanjutan. Filosofi yang jadi pedoman Sukanto Tanoto saat jadi pemimpin di grup bisnis Royal Golden Eagle didasarkan pada pendekatan 3P atau Triple Bottom Line.

Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto mendirikan Tanoto Foundation sebagai salah satu tempat kegiatan filantropinya tersebut. Melalui Tanoto Foundation inilah Sukanto memberikan dukungannya terhadap upaya – upaya penanggulangan kemiskinan lewat 3 pilar kegiatan.

Leave a Reply